Cara Mendesain Ruang Kerja

Banyak nya manfaat yang didapat jika kita menata ruang kerja dengan tepat, dari pemilihan warna, kualitas, bahan hingga layout mempengaruhi keindahan ruang kerja. Salah satu manfaat nya adalah menunjang kesehatan secara emosional. Jika seseorang lebih bahagia, maka ia cenderung lebih fit dalam mengerjakan pekerjaan. Dengan memperhatikan desain ruang kerja tentunya dapat meningkatkan fokus ketika sedang menjalani kerja. Semakin seseorang fokus terhadap pekerjaan nya, maka ia akan semakin produktif dalam menyelesaikan tanggung jawabnya. Tentunya, dalam menata ruang kerja ada banyak hal kecil yang perlu diperhatikan.

Contohnya, seseorang yang bekerja di ruangan yang mempunyai banyak tanaman cenderung menghirup oksigen yang lebih berkualitas. Selain itu, tingkat cahaya pada lampu harus tepat karena dapat mempengaruhi otot pada mata saat melihat layar computer. Sebuah ruang kerja harus memiliki jendela atau mediasi pertukaran udara agar sirkulasi udara di dalam ruangan selalu segar. Ruang kerja yang bagus harus dapat memberi energi positif sehingga setiap orang yang bekerja tidak merasa terganggu dengan rekan lain nya. Artinya, sebuah privasi di dalam ruang kerja yang digunakan lebih dari 1 orang adalah penting.

Untuk meningkatkan kenyamanan ruang kerja, seperti yang sudah disinggung, desain perabotan sangatlah penting. Maka dari itu, pemilihan dan layout perabotan kerja harus diperhatikan. Berikut adalah tips saat mendesain ruang kerja menggunakan perabotan Indachi

Berikan esensi warna pada ruangan. Warna netral, seperti coklat, putih dan hitam, memang membuat sebuah ruangan menjadi lebih elegant dan profesional. Namun, warna tersebut tidak boleh dominan karena terlalu kaku dan tidak bernyawa. Berikan esensi warna lainnya seperti hijau, kuning maupun biru agar tampilan ruang kerja lebih hidup.

Pastikan warna pada perabotan selalu senada. Konsisten dalam pemilihan warna pada ruang kerja. Hindari warna yang keluar dari pallet warna yang sudah dipilih. Contohnya, jika ruang kerja memiliki nada warna hijau, ungu tua dan putih jangan sampai menaruh unsur orange pada banyak benda. Perhatikan energi warna pada ruang kerja anda.

Barang yang dipilih harus berkualitas dan menunjang kesehatan. Artinya, perabotan kerja yang bagus tentunya harus menunjang kesehatan pada tubuh. Perabotan ergonomic sudah sangat populer. Indachi menyediakan perabotan kantor yang selalu berfokus pada ergonomic. Contoh barang yang harus ergonomic adalah kursi, karena kursi dipakai sehari-hari. Barang-barang dengan bahan berkualitas akan menciptakan energi yang sejuk.

Beri keleluasaan saat bekerja dengan memberikan privasi. Jika bekerja di ruangan yang digunakan oleh banyak orang, tentunya privasi diperlukan untuk menunjang fokus saat bekerja. Pilihlah jenis partisi yang tepat.

Sediakan ruang gerak. Berada di depan komputer dengan waktu yang lama sangat melelahkan. Sediakan tempat untuk beristirahat. Sebuah sofa dapat membantu seseorang beranjak dari kursi nya untuk melepas penat hanya sekedar untuk duduk-duduk. Bisa juga dengan menyediakan ruang kerja lainnya, sehingga jika karyawan bosan dia bisa berpindah-pindah tempat. Model kursi bar juga bisa menjadi opsional. Ciptakan lingkungan yang sehat agar seseorang dapat mengistirahatkan badan nya sebelum memulai kembali produktifitasnya.

Layout ruang kerja harus memudahkan dalam mobilisasi. Tempatkan perabotan/barang yang memang diperlukan di ruang kerja. Hal ini untuk memudahkan ruang gerak. Selain itu, ruang kerja yang terlihat penuh dapat memberi kesan bahwa ruangan tersebut berantakan dan tanpa disadari dapat memicu stress. Ruang kerja yang leluasa juga dapat memberi gerak bagi seseorang untuk stretching ketika ia merasa kelelahan.